Perpustakaan Anshori

Antara Mas.. Wahyu.. dan Anshori…

LAMP on UBUNTU 10.04 (LAMP di UBUNTU 10.04)

Posted by anshoriwahyu on May 25, 2010


Pamulang.. LAMP ( Linux, Apache, Mysql, Php ), niatnya sih gw install ini bwt kuliahnya ade gw yang dah masuk ke kuliah web server. Tapi gag tau kenapa dy tetep milih wendow n ngerjain di rumah temennya. Gpp lah, saiapa tau ada manfaatnya buat gw sendiri.

Jika Anda lagi ngembangin website, sangat bagus untuk nguji kode Anda di privasi komputer Anda sendiri dulu, bukan yang keluar di internet publik. Untuk melakukan itu, Anda kudu nginstal webserver di komputer Anda. LAMP (Linux, Apache, MySQL, php) adalah salah satu web hosting platform yang paling umum, jadi lingkungan yang sempurna bagi Anda untuk ngebangun dan nguji kode situs Web Anda.
Okok, langsung ajah yuk.. Biasa, buka terminal konsol terus kasi perintah
$ sudo apt-get install lamp-server^
Yup, kok ada tanda ^ yah dibelakangnya? soalnya ini bukan typo, n gag jalan kalo gag dikasi tanda itu… ( bener gag sih? )😛

Ikutin ajah perintahnya untuk ngecek APT kita. nanti keluar perintah untuk masukin password untuk Mysql Root..

Yup, installasi selese, untuk ngecek apa selesai instalannya coba masukin http://localhost di url browser, nanti ada keterangan seperti gambar dibawah ini…

Sekarang gw mau coba test PHP nya… Masi di konsol, masukin perintah
$ sudo nano /var/www/testing.php
Gw disini pake nano yang tampilannya itu kek gambar dibawah, bisa juga pake editan Gedit atau yang lainnya n terus di save yah…

Bis itu restart apachenya… taro di konsol perintah
$ sudo /etc/init.d/apache2 restart
Buka lagi browser yang tadi terus kasi perintah ini di URL
http://localhost/testing.php/
Nanti keluar deh info PHP gw…

Berhubung LAMP ini buat belajar pengembangan web, jadi database Mysql kudu keiket sama IP localhost.. 127.0.0.1 untuk mastiinnya masukin perintah ini di konsol
$  cat /etc/hosts | grep localhost
Nah sekarang gw mau mastiin Bind Address dah kesetup di my.cnf file. Masukin perintah ini di konsol
$ cat /etc/mysql/my.cnf | grep bind-address
nanti bakal keluar kek gini
bind-address        = 127.0.0.1
Nah kalo IP address gag pas sama sistem, berarti kudu edit my.cnf file untuk ngebenerinnya.
Nah sekarang install Phpmyadmin, terserah anda mau di install atau nggak. kalo gw gw install ^.^ masukin perintah ini di konsol
$ sudo apt-get install libapache2-mod-auth-mysql phpmyadmin
Ok, kalo nanti keluar configuring phpmyadmin jangan LUPA pencet <SPACE> atau spasi untuk milih apache2. bis itu teken

Bis itu keluar lagi deh untuk konfigurasi database untuk phpmyadmin.. YES ajah

Bis itu masukin password Mysql kita tadi…

Yup…kalo sukses n gag ada masalah coba test phpmyadminnya…di browser ketik
http://localhost/phpmyadmin/
nanti tampilannya kek gini

untuk login pake username ROOT n passwordnya yah ROOT password anda…

untuk bikin satu situs, taro ajah semua file di /var/www
semoga bermanfaat…😉

nb : im still NOOB, kalo ada koreksi n tambahan taro di komen ajah yah.. :*

10 Responses to “LAMP on UBUNTU 10.04 (LAMP di UBUNTU 10.04)”

  1. duh repot tuh😀
    coba download paket xampp di sourceforge.net yang khusus untuk linux.. pertama copy file .tar.gz nya ke direktori /opt/

    lalu ekstrak, dan start dengan command ini :

    sudo /opt/lampp/lampp start

    langsung jalan kok😀

    • yup..mantap biq. ni yang gw tunggu siapa yang komen begini… itu pertama kalinya gw installasi LAMP di ubuntu (coba liat folder ubuntu gw di FB deh). tadinya gw mau shared itu, tapi ngerinya itu ada yang udah install php sama mysql sebelumnya. nantinya pastinya bentrok sama mysql n php yang include LAMP, n kudu ngedit sedikit script. buat yang belum keinstall mysql n phpmyadmin bisa pake cara yang ditulis sama sabiq.😉

  2. Wahyu DM said

    Cara Anshoriwahyu ntuh adalah yang benar dan pasti! Menurut pribadi ane, soalnya banyak planga plongo… kebingungan… terus nanya ame mbah google… masalah bentrok sama mysql n php yang include LAMP, n kudu ngedit sedikit script. Nah kalau udeh urusan ngedit script… pasti pada males… ujung-ujungnye install ulang…!

    Salam.

  3. mic'lee said

    nice inpo, kk
    saia pemula dalam bidang penguin ini (linux)
    tulisan kk bwat jaga2 saia, biar ga jadi orang sesat :p

    sekalian maw tanya
    semisal maw back up DB mysql na
    klo dulu pake jendela, tinggal copas folder >> xampp/mysql/data/nama_db
    klo pake lampp ini, bijimana yaaak?

    • Wheeeewww….programer wanita, ini yang paling gw suka dah… mohon koreksi ye michelle kalo ada kesalahan, maklum gw gag ada basicnya study komputer ^.^… Di terminal kasi perintah aja

      $ mysqldump -u [username] -p [password] [databasename] > [backupfile.sql]
      nanti filenya ada di alamat /home yah… Bisa jg nentuin sendiri mau ditaro dimana.. Itu simplenya…
      Terus kan juga bisa lewat Phpmyadmin yah???di ekspor gitu dah…Pilih database, terus klik Export.. hohohohoho muhun maklum kalo jawabannya kurang lengkap…
      Kalo ada kesalahan munuh ditambahin kekurangannya

  4. adityawarman said

    sip kk.. kata guru saya nginstall nya pake apt-get install lampp.. saya coba gabisa2 , eh ternyata gini cara yg bener.. sip banget kk mantep infonya..

Leave a Reply

 
