Perpustakaan Anshori

Antara Mas.. Wahyu.. dan Anshori…

Forget Mysql or Phpmyadmin Password on UBUNTU (Lupa Password Mysql dan Phpmyadmin)

Posted by anshoriwahyu on May 27, 2010


Pamulang.. Berawal dari pertanyaan yang tiba2 muncul di kepala gw, “gimana yah kalo gw lupa passwordnya?” ok, sesuatu yang error kan bisa jadi pelajaran. Nah sebelom error, gw kepikiran itu duluan.. Soale pribadi gw kan banyak errornya😛

Tulisan spele (lagi!) ini tentang kalo kita lupa sama password Mysql atau Phpmyadmin di UBUNTU kita. Disini gw test pake UBUNTU 10.04 yah. Yuk langsung ajah…

Pertama buka konsol n masuk jadi superuser atau ROOT..

$ sudo -s

kalo dah masup jadi ROOT, sekarang matiin dulu Mysqlnya, masih di konsol..

# /etc/init.d/mysql stop

Kalo Mysqlnya udah gag kerja lagi, terus masukin perintah..

# mysqld –skip-grant-tables –skip-networking &

Itu untuk matiin semua kerja Mysql, terus masupin perintah..

# mysql mysql -u root

Itu untuk masup ke Mysql.. Okeh, kalo udah masup baru kita ganti passwordnya…

mysql> UPDATE user SET password=PASSWORD(‘password baru’) WHERE user=”root”;

Whokeeeehhh…beres dah ganti passwordnya, terus tinggal restart dah Mysql nya…

mysql> /q

# /etc/init.d/mysql restart

FINISH…simple kan…

Semoga bermanfaat😉

6 Responses to “Forget Mysql or Phpmyadmin Password on UBUNTU (Lupa Password Mysql dan Phpmyadmin)”

  1. rizki said

    gan, saya pemula di ubuntu hendak mohon petunjuk..character # itu maksudnya apa gan?..apakah interpretasi dari setiap.. $ sudo/etc/..blabla?atokah memang tag-nya seperti itu?

    • Waduh bahasa pastinya gw kurang ngarti ni soB… gw pake bahasa gw aje ye…
      $ itu istilahnya gini… kalo di terminal itu masih $, jadi setiap permintaan atp-get install or yang lain2 kan kudu pake sudo apt-get n kemudian masukin password… nah berarti $ itu belum jadi SUPER USER di terminal… setiap kita masukin perintah kudu masukin password terus… nah kalo kita kasi perintah sudo n karakternya berubah jadi # dari $.. itu berarti kita udah jadi SUPER USER n ga perlu masukin password lagi… semoga penjelasan jeleknya membantu ye soB… Regards

      • rizki said

        betul Kak..setelah saya praktekin emang Kakak betul..ketika saya sampe di # mysqld –skip-grant-tables –skip-networking &..kenapa terjadi : error mysqld unknown option ‘-k’

        ..kesulitan saya gini Kak :
        saya mo install joomla, ketika saya sampe di database config, ketika saya masukkan hostname dan password dimana saya sesuaikan di phpmyadmin login, ternyata eror,cannot connect to mysql..setelah googling ada yg saranin ganti password..lalu say ganti Kak, tetap ga bisa lalu iseng2 di phpmyadmin opsi no password saya check box..saya kembali install joomla,eh bisa lanjut ke ftp server,tp ketika saya hendak masuk ke phpmyadin ga bisa,pasword yg lama ato yg baru bahkan tanpa saya kosongi ga bisa semua..tolooong Kak.

    • Sebentar deh… rancu ni gw.. kok keterangan errornya itu kok ada option -k?? sebelumnya MYSQLnya itu dah jalan pa belum??? pake XAMPP atau pake apa ni?

Leave a Reply

 
