Perpustakaan Anshori

Antara Mas.. Wahyu.. dan Anshori…

Wine on Ubuntu “Blocked: wine start /unix”

Posted by anshoriwahyu on July 4, 2010


Pamulang.. WINE apa sih WINE ntu? Berhubung gw gag bisa ngerangkai kata-kata, n maunya sih copas aje dari nyang udah ada. Tapi males banget bikin tulisan yang tinggal copas, jadi ni pake pengertian yang setau gw aje ye. Jadi muhun koreksi atau jangan di ikutin kata-kata sok tau gw ni. heuheuheuheu😛

Tau file executable di wendow kan? (.EXE) nah kalo di UBUNTU file ntu gag bisa langsung di klik dua kali kek di wendow. Soale kalo (setau gw😛 ) di UBUNTU itu file executable nya .DEB. Nah mangkannya WINE itu sebagai alat PEMBANTU ajah di UBUNTU biar file .EXE itu bisa di eksekusi.Nah, kalo dulu waktu gw pake UBUNTU 9.10, tinggal klik dua kali kalo WINE dah ada di UBUNTU sih langsung ke eksekusi. Tapi kalo di UBUNTU 10.04 yang gw pake sekarang ada ajah peringatan kalo file itu berbahaya soale diambil dari untrusted source.

Gw masi belum berani kasih penjelasan kenapa bisa begitu, takut salah penjelasan gw. Mending coba cari di mbah GOOGLE yah sistem keamanan UBUNTU untuk execute file .EXE ntu.

Okey, kalo mau eksekusi file .EXE itu mudah kok. Sebelumnya kudu keinstall dulu yah WINE di UBUNTU kalian. Setelah itu buka Terminal n eksekusi dari Terminal ntu. Pastiin dulu kalo udah ada di lokasi file yang mau di eksekusi. Terus kasi perintah

$ wine namafile.exe

Simply, nanti kebuka dah file .EXE yang mau di eksekusi ntu. Kasi komentar atau sanggahan yah kalo ada kesalahan di penulisan gw ni.😉

Best Regards

8 Responses to “Wine on Ubuntu “Blocked: wine start /unix””

  1. setau gw .deb itu managemen paket nya😀
    kalo executable di linux itu .sh kalogasalah

  2. AaEzha said

    tapi klo menurut gue, bgenk ada benernya juga😀

    klo bagi pemula dikasih kata “managemen paket” jadi tambah ogah maenin Linux😀

    nice post genk😉

  3. aku said

    dengan perintah “gksu vim /usr/share/applications/wine.desktop”
    ato “gksu gedit /usr/share/applications/wine.desktop”

    cari lah baris yang berisi
    “Exec=cautious-launcher %f wine start /unix

    kemudian ubah baris tersebut menjadi
    “Exec=wine start /unix %f”

    trus save
    kemudian pada file exe yang akan di jalankan pada wine kita rubah properties permission nya kita rubah “Allow executing file as programm”

  4. oo…gitu baru tahu ane..

Leave a Reply

 
