Perpustakaan Anshori

Antara Mas.. Wahyu.. dan Anshori…

Problem UBUNTU booting after installed openSUSE under UBUNTU

Posted by anshoriwahyu on August 3, 2010


Pamulang.. whuuuuiiiihhh, pegel juga ni kepala gara-gara install openSUSE 11.3 diatas UBUNTU. Instalasinya juga rada ribet, sebenernya spele sih instalnya itu. Cuma gw kudu ati-ati takutnya itu ada masalah sama UBUNTU 10.04 yang udah ada di hard disk gw ni. Takutnya itu ketiban atau keformat isi dari UBUNTU gw.

Nah installasinya itu sukses gag niban UBUNTU gw, tapi masalahnya itu grub nya yang bermasalah. Ilang alias gwg bisa booting ke UBUNTU. Ni tulisan buat kenang-kenangan ajah buat gw, kalo ada masalah kek gini lagi jadi bisa dipake cara ini.Sbenernya masalah ini ada kayaknya dari gw sendiri dah, maklum lah kan belom ada setahun pake system LINUX. OpenSUSE itu sebenernya juga ada system grubnya, jadi gw pikir gag ada masalah kalo gw istall dual bareng openSUSE. Segala macam cara dah gw coba, bahkan lokasi tempat nyimpen kernel di ubuntu jg dah gw pas in buat booting, tapi tetep kagag bisa.

Sok tahu gw sih (jadi jangan diikutin yah apa yang gw bilang ni) lokasi tempat kernel kesimpen itu masih ke umount, jadinya gag bisa atau gag ada akses buat booting dari lokasi itu. Langsung ajah, terima kasih buat Dwi M.Wibowo atas tulisannya untuk balikin grub ubuntu.

Buka terminal terus jadiin sampean itu ROOT yah… kalo gw itu kasi perintah > sudo su

Masukin perintah # fdisk -l untuk ngeliat partisi-partisi di hard disk

Monting partisi tempat UBUNTU itu ada… terus partisi juga lokasi lainnya. Nb: Disini partisi lokasi /root UBUNTU gw ada di sda6, jadi cari or apalin dulu dimana lokasi UBUNTU itu ada.

# mount /dev/sda6 /mnt

# mount –bind /dev /mnt/dev

# mount –bind /proc /mnt/proc

Nah beres kan.. partisi /sda6 UBUNTU gw ada di /mnt sekarang. Masuk untuk jadi ROOT di UBUNTU liwat openSUSE yang lagi jalan ini.

# chroot /mnt

Sekarang untuk upgrade grub2 yang ada di UBUNTU

# update-grub2

Okeh sekarang install grub2 UBUNTU ke MBR buat nongolin grub UBUNTU yang ketiban sama grub openSUSE

# grub-install /dev/sda

Beres… ketik ajah # exit untuk keluar dari root ubuntu. Bis itu ditutup dulu mountingan UBUNTU tadi…

# umount /dev/sda6 /mnt

# umount –bind /dev /mnt/dev

# umount –bind /proc /mnt/proc

Beres…sekarang reboot dah komputernya. Selamat datang kembali UBUNTU. Terus udah beres??? Belom!!!gw pikir jg gitu, kan kalo UBUNTU 10.04 yang gw pake sekarang itu settingan grubnya otomatis gag nongol… Jadi gag nongol dah pilihan untuk masup ke openSUSE. Masuk lagi ke terminal edit grub UBUNTU biar nongol di booting. jadi root dulu biar gag ngetik2 password

# gedit /etc/default/grub

Nah itu untuk bikin grub yang ngumpet di booting awal jadi nongol. Settingan gw kek gini

Yup dah mau kelar nih… Kalo di UBUNTU itu simple, gag kutak-kutik kek di openSUSE…cuma kasi perintah terus nongol dah tuh kernel openSUSE di grub

# update-grub

Beres dah…coba reboot, nanti yang nongol itu grub UBUNTU. Ada juga pilihan untuk masuk ke openSUSE. ^.^ Sebenernya ada cara buat grub UBUNTU nongol di openSUSE, berhubung gw baru di openSUSE jadinya yah pake yang ini dulu deh caranya.

Tampilan grubnya kek gini kalo di gw

Maap yah cuma liwat poto, gw gag tau cara buat print screen grub T.T Kalo ada masukan sumonggo, maklum lah kalo ada kesalahan. Namanya juga amatir ^.^

Oh ya lupa, tampilan grub itu dah gw rubah settingannya, males item doang. Caranya lanjut dulu deh istirahatnya…menyusul tulisannya… ^.^

Best Regards

Leave a Reply

 
