Perpustakaan Anshori

Antara Mas.. Wahyu.. dan Anshori…

Test PING public DNS

Posted by anshoriwahyu on October 5, 2010


Pamulang.. Hey, dah lama banget gag nulis2 yang simple di library gw ni. Ni ada lagi tulisan simple yang gag ada manfaatnya buat yang dah expert di bidang ITe, gpp lah yang penting kan berbagi pengetahuan biar nambah pahala. Hohohohohohoo.

Lagi bengong ni malem, main PB udah, terus bingung mau ngapain. Iseng lagi dah, tiba2 kepikiran sama yang namanya DNS. Googling lagi mau ngetest apa sih yang paling cepet kalo gw pake DNS diluar dari ISP yang sekarang gw pake di rumah.Ngomongin DNS, berhubung gw bukan dari study basicnya ITe. Jadi diliat di SINI ajah apa itu DNS alias DOMAIN NAME SERVER. Untuk gimana setting DNS di wendow or openSUSE (mungkin di distro linux lain sama) bisa diliat di tulisan gw sebelomnya atau gampangnya klik DISINI

Ditest yang gw lakuin disini itu gw pake 5 DNS. 1 itu DNS dari ISP inet yang gw pake diruma (kalo mau cek dns sendiri, buka command prompt terus ketik ipconfig /all n cari DNS SERVER) 4 lainnya itu free public DNS (google,open DNS,NAWALA,n vnsc-pri.sys.gtei.net) Berikut list dari 4 public DNS server itu.

Google : 8.8.8.8 & 8.8.4.4

OpenDNS : 208.67.222.222 & 208.67.220.220

NAWALA : 180.131.144.144 & 180.131.145.145

vnsc-pri.sys.gtei.net : 4.2.2.1/4.2.2.2/4.2.2.3/4.2.2.4/4.2.2.5/4.2.2.6

Ni hasil perbandingan dari 5 DNS yang gw cek di komputer gw…

Nah keliatan kan mana hasil ping yang paling cepet dari 5 DNS itu (^.^) Ni tambahan Name Server lainnya kalo mau tambah ceknya, sebenernya si ada banyak public DNS. Tapi rekomendasi gw yah yang gw tulis disinišŸ˜‰

Scrublt : 67.138.54.100 & 207.225.209.66

DNSAdvantage : 156.154.70.1 & 156.154.71.1

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

 
