Perpustakaan Anshori

Antara Mas.. Wahyu.. dan Anshori…

Review Indonesia Vs Uruguay

Posted by anshoriwahyu on October 8, 2010


Pamulang… Tadinya sih ini library gw niatnya cuma untuk nulis apa yang gw ketahui di dunia komputer, tapi namanya library itu kan artinya perpustakaan. Nah akhirnya gw tulis ajah apa yang gw liat n gw alami, jadi tulisan ini keluar abis nonton pertandingan INDONESIA vs URUGUAY.

Keliatannya sih simple ajah, gag perlu ada yang ditulis. Tapi buat gw pribadi yang peduli banget sama PERSEPAKBOLAAN INDONESIA, keknya kudu ditulis dah tentang pertandingan tadi. Sedikit yang mau gw share disini, yang perlu jadi catatan disini adalah “semua adalah menurut pandangan gw sendiri, tanpa menyudutkan pihak manapun!!!”

Review Timnas INDONESIA…

Whew… Takjub gw sama perubahan yang dibuat sama sang pelatih anyar timnas Om Bule Alfred Riedl. Yang menurut pandangan mata gw yang bukan komentator bola ini, perubahan banyak terjadi di timnas INDONESIA. Permainan keras yang sempat dikhawatirkan sama pihak media disini gag keliatan, semua pemain timnas berhati2 sama pelanggaran2 kecil. Yang gw liat selama ini, timnas INDONESIA belum bisa membedakan permainan “keras” dengan permainan “kasar”. Banyak pelanggaran2 yang bisa ngerusak ritme permainan gara2 emosi. Tapi pertandingan hari ini, terlihat kalo punggawa2 timnas bisa ngebedain apa itu permainan “keras” dengan apa itu permainan “kasar”. Secara gag langsung pelatih yang berperan untuk menginstruksikan gimana ritme permainan itu.

Para pemain pun konsen untuk jaga daerahnya masing2, gag kayak terdahulu yang gag ketahuan siapa yang punya daerah itu. Cuma menurut gw ada catatan untuk pemain belakang timnas, tapi itu balik lagi sama liga Indonesia lho!!! Kenapa gw bisa bilang gitu??? ada beberapa goal dari uruguay akibat dari salahnya pemain belakang untuk menarik offside. Itulah salahnya liga Indonesia!!! Terbiasa dengan hakim garis yang ngasih offside untuk pemain yang lari dari belakang tanpa liat kapan bola dilepas, apa pemain tertuju itu offside atau onside. Tapi di liga Indonesia, itu dibilang offside.

Mungkin ada sebagian besar yang nonton timnas hari ni yang gag ngikutin liga Indonesia berucap “siapa tuh benny wahyudi,ahmad bustomi,oktavianus,yongki (maaf kalo ada salah penulisan nama)”. Kalo buat yang gag ngikutin liga Indonesia sih wajar gag tau siapa mereka. Disinilah yang gw liat Alfred Riedl punya VISI kedepannya. Pemain2 muda dimanfaatkan untuk kemajuan sepakbola Indonesia. Mereka yang masuk timnas juga bukan karena ada kedekatan pelatih lho, tapi mereka itu emang punya kualitas.

Buat gw kekalahan 7-1 sekarang ini bukan masalah, tapi bisa sebagai pelajaran buat Alfred n punggawa2 muda timnas untuk bisa perbaiki kekurangannya di pertandingan hari ini. Kegagalan itu adalah awal dari kesuksesan yang tertunda asal ada pembelajaran di dalamnya.

Blunder PSSI…

Rada ragu sih gw mau nulis semua ini yang ada di tulisan Blunder PSSI ini. Yah tapi mau gag mau gw kudu nulis, syukur2 bisa bermanfaat kedepannya buat PERSEPAKBOLAAN INDONESIA.Kenapa gw kasi judul Blunder PSSI??? Banyak banget bomerang buat sang ketua umum PSSI atas kedatangan Uruguay di pertandingan persahabatan ini.

Yang pertama… Jangan lupa sama peran suporter indonesia sebagai nyawa timnas indonesia!!! Peran suporter Indonesia yang memadati Gelora Bung Karno terbukti ketika piala asia bergulir di Jakarta. Lihat bagaimana Korea Selatan, Arab Saudi, Bahrain susah payah banget ngelawan Timnas Indonesia. Timnas indonesia Terbakar semangat mereka mendengar gimana gemuruhnya stadion yang dipadati oleh 70.000 lebih suporter di Gelora Bungkarno. Tapi apa yang terjadi hari ini??? Pertandingan yang jarang sekali bakal dijalani ngelawan timnas dunia harus rela disaksiin segelintir kepala di Gelora Bungkarno tanpa gemuruh riuhnya suara2 pembangkit semangat Suporter!!! Harga tiket yang terlalu tinggi adalah pertimbangan para suporter untuk tidak menonton langsung pertandingan di Gelora Bung Karno. Sebab pertandingan juga disiarkan secara langsung di dua televisi swasta nasonal!!!! Apa PSSI tidak mempertimbangkan suporter adalah nyawa bagi Timnas Indonesia????? Sepakbola adalah hiburan rakyat… apa harus semahal itu rakyat harus membayar hiburan?????

Kedua… Kenapa harus mendatangkan Uruguay sekarang???? Yang patut dicatat oleh PSSI itu adalah Kondisi Ketua Umum yang sedang digoyang oleh para pencinta sepakbola Indonesia, itu tak dapat dibantah. Di media2 online ataupun suara2 dari suporter2 di Indonesia banyak yang menyuarakan ketua umum untuk mundur dari jabatannya. Itulah kenapa gw nulis Kenapa harus mendatangkan uruguay sekarang??? Uruguay adalah peringkat ke 4 di piala dunia terakhir… Dalam urutan FIFA per tanggal 8 Oktober 2010 ini, Uruguay ada di urutan 7 dan Indonesia ada di urutan 131. Emang bagus sih buat pengalaman bertanding Timnas Indonesia, wajar juga kalo Indonesia kalah. Tapi ini kan pertandingan pertama Alfred Riedl dengan banyak pemain muda pilihanya yang baru pertama memakai baju Timnas senior, kekalahan bisa ngehancurin semangat mereka kedepannya!!!! Untuk yang dateng ke stadion pasti ini cara tepat untuk menyuarakan kembali mundurnya ketua umum… Perkiraan gw tepat, banyak teriakan ke ketua umum PSSI berkumandang untuk mundur!!! Parahnya lagi pertandingan ini juga disaksikan oleh Bapak Presiden dan menteri Pemuda dan olahraga… Inilah blunder terbesar PSSI… Menurut gw, perbanyak dulu pertandingan lawan team asia yang peringkat FIFA di urutan seratus kebawah. Baru deh undang team besar… Jadi catatan kalo kita wajar kalah dengan team besar itu ada, karena pertandingan2 lawan team sekelas udah dibuktikan kalo kita bisa bicara banyak!!!!

Yah apalah itu, ini cuma tulisan secuil yang mungkin manfaatnya gag ada.. Berhubung gw itu orang yang peduli banget sama Sepakbola Indonesia, yah jadi cuma bisa nulis ini ajah. Mau ngelakuin apa lagi gw selain nulis disini??? Walau banyak temen2 gw yang nyibir Sepakbola Indonesia itu gag ada mutunya dibandingin sepakbola Eropa… buat gw mulut mereka itu cuma SAMPAH!!!! Gimana mau maju kalo terus nyibir… kalo terus tergila2 sama team yang jaraknya itu ribuan kilometer n cuma bisa disaksiin lewat televisi….

MAJULAH PERSEPAKBOLAAN INDONESIA… 

Best Regards

Leave a Reply

 
